Selamat datang di Leira Buah Tropis...Berkebun Bersama Ariel...GO GREEN INDONESIA!!!

Wednesday 22 April 2009

Klengkeng Pingpong Jumbo (Euphoria longana) var Vietnam Part 1

Salah satu tanaman buah yang sangat populer saat ini adalah klengkeng pingpong yang berasal dari Vietnam. Berbeda dengan klengkeng lokal yang biasa ditanam di Indonesia dan baru berbuah 6 hingga 10 tahun setelah tanam, klengkeng pingpong memperlihatkan sifat genjahnya dengan kemampuan berbuah minimal 9 bulan hingga paling lambat 3 tahun setelah tanam. Dari sisi ukuran buah pun, klengkeng pingpong jumbo Vietnam jauh di atas ukuran klengkeng lokal Indonesia, dengan rasa manis yang hampir tidak berbeda. Di semua tandan buah, terdapat klengkeng yang ukuran buahnya sangat besar menyamai ukuran bola pingpong sehingga klengkeng ini pun mendapat sebutan sebagai "klengkeng pingpong"

7 comments:

Baru kali ini melihat klengkeng kok guedhe2...bagaimana dengan rasanya ya?

Kalau nyari bibitnya di mana dan harganya berapaan Pak?

Saya tertarik tentang cara budidayanya.Tolong dikirimkan cara budidayanya yang baik dan benar.Sehingga bisa menghasilkan dan berbuah lebat.
Terima kasih

Rasanya tentu saja manis. Untuk bibit yang baik, bapak bisa kontak saya via email wijayahadiw@gmail.com atau kontak di 081392226572. Cara budidaya yang benar versi saya akan dimuat secara berseri, mulai dari pemilihan bibit hingga pemeliharaan tanaman, termasuk pengendalian hama

Aww, Pa Bisa tlg dikasih tau pa lengkeng pipong saya sedang berbuah sekarang tetapi tiba tiba layu dan sebagian buah mulai layu dan rontok, ada apa dengannya dan bagaimana mengatasinya? terima kasih sebelumnya

Pak Prananda, coba dilihat media tanah tempat tumbuh kelengkeng tersebut (saya tidak tahu pasti, apakah klengkeng tersebut di tanam dalam pot atau di tanam di lahan). Jika di tanam dalam pot, kemungkinan besar ada masalah dengan medianya yang mempengaruhi pertumbuhan akar. Mungkin media terlalu padat dengan porositas yang rendah, sehingga pertumbuhan akar menjadi terganggu. Informasi yang bapak sampaikan masih belum lengkap untuk mendiagnosis apa penyebab sehingga klenegkeng bapak tiba-tiba menjadi layu. Bapak bisa konsultasi ke saya via telepon ke 081392226572

saya berniat membeli bibitnya... bisa tahu alamatnya kemana saya harus membelinya???

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More