Selamat datang di Leira Buah Tropis...Berkebun Bersama Ariel...GO GREEN INDONESIA!!!

Thursday, 30 April 2009

Jambu Citra Jumbo (artikel pertama)








Jamu Citra dikenal luas sebagai jambu yang mempunyai produktifitas tinggi dengan kualitas buah sangat bagus karena berdaging tebal, sedikit mengandung biji bahkan cenderung seedless, daging buah renyah, rasa manis segar dan sangat cocok untuk dijadikan buah meja.




Jamu citra adalah buah lokal yang berasal dari Banten, menyebar luas ke seluruh wilayah Indonesia dan ditanam sebagai tanaman  buah di halaman rumah dan juga dikebunkan secara besar-besaran di beberapa daerah, karena keunggulan buahnya tadi. Secara umum, jambu citra sangat mudah untuk ditanam dan dibudidayakan, serta tidak menuntut persyaratan tanam yang rumit.




Jambu citra yang beredar dan banyak ditanam di Indonesia terdiri dari beberapa varian, mulai dari jambu citra biasa yang paling banyak ditemukan, varian "king citra", varian citra "thongsamsie" asal Thailand, varian citra "tab thim chan", hingga varian "cita jumbo" yang saya tanam dan saya kembangkan di kota Yogyakarta. Saya tidak bisa menampilkan perbandingan varian citra jumbo dengan varian citra lainnnya karena saya ingin fokus terhadap si citra jumbo yang spektakuler ini.

Jambu citra jumbo ini saya dapatkan 8 tahun yang lalu secara tidak sengaja dalam bentuk bibit cangkokan setinggi sejengkal tangan, dari seorang kenalan yang sedang mengambil program doktoral. Bibit kecil sejengkal tangan dewasa ini lalu saya besarkan dalam polybag ukuran 30 selama kurang lebih 6 bulan, dan saat berumur 6 bulan dengan tinggi hampir semeter itulah, bibit kemudian ditanam di halaman belakang rumah di Yogyakarta, dengan jenis tanah regosol abu vulkanik gunung Merapi. Saat itu luubang tanam dibuat dengan ukuran 50x50x50 cm, tanah galian lubang tanam dicampur pupuk kandang sapi dengan perbandingan 1 : 1.





Tidak ada perlakuan khusus apapun sampai sebulan pasca tanam di tanah, jambu citra ini langsung menunjukkan keunggulannya dengan mulai memamerkan bunga pertamanya sebanyak 5 tandan, dengan masing-masing tandan terdiri dari 10-14 bakal bunga. Bunga pertama ini hampir semua berhasil menjadi buah sempurna dengan tingkat kerontokan kurang dari 20%, dan bakal buah pertama ini tumbuh dan berkembang menjadi buah sempurna.

Yang mengagetkan adalah ukuran buahnya yang jumbo untuk sebuah jambu citra, jika citra biasa berisi 9 hingga 12 buah per kilogram, maka jambu citra jumbo hanya berisikan 3 hingga maksimum 4 buah saja untuk mencapai berat 1 kilogram, artinya berat per buahnya berkisar antara 240 gram hingga 340 gram, betul-betul luar biasa untuk ukuran sebuah jambu citra.

Daging buahnya sangat tebal, tekstur daging buah sangat renyah dan dengan rasa manis mirip rasa buah "pear", dan yang lebih hebat lagi dari jambu ini adalah mayoritas dari buah yang dihasilkan, sama sekali tidak mengandung biji, alias "seedless", pantas saja jika daging buahnya menjadi super tebal akibat biji yang tidak terbentuk tersebut. Dari pupuhan bbuah, hanya ditemukan kurang dari 10% buah yang mengandung biji sehingga varian jambu citra ini, selain jumbo ukurannya, juga nyaris tanpa biji.






4 comments:

mantab pak....
beda citra dan lilin merah apa ya pak?
sekilas mirip ya.
saya punya jambu air mirip citra / lilin merah.

untuk mendapatkan bibit citra jumbo banten bagaimana ya? tertarik.

mungkin bapak bisa rekomendasi untuk mendapatkan bibit jambu tersebut, kebetulan domisili saya di Medan-Sumut, terima kasih sebelumnya

pak, kalau mw pesan bibitnya dimana ya?

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More