Selamat datang di Leira Buah Tropis...Berkebun Bersama Ariel...GO GREEN INDONESIA!!!

Sunday 9 December 2012

Sambung Sisip, Memodifikasi Teknik Okulasi


Sambung sisip mangga Red Emperor ke batang bawah mangga Madu

 
Sambung sisip klengkeng Diamond River "Jenderal" ke batang bawah klengkeng lokal


Okulasi adalah sebuah kata yang sangat populer di kalangan para pecinta tanaman, khususnya pecinta tanaman buah, termasuk para penangkar bibit (grower). Populer, itu karena mayoritas bibit tanaman buah yang dihasilkan dan beredar secara luas di Indonesia adalah bibit yang diperbanyak dengan cara okulasi atau tempel mata, meski sebenarnya cara okulasi bukan satu-satunya cara untuk memperbanyak tanaman. Okulasi juga ternyata kurang begitu populer bagi kalangan pecinta tanaman khususnya di Jawa Timur dan Kalimantan Barat, sebab dari kedua daerah tersebut, cara sambung pucuk (top grafting) adalah cara yang paling banyak digunakan dibanding cara-cara perbanyakan tanaman lainnya. Di beberapa daerah lainnya, sambung susuan (approach grafting) justru menjadi cara perbanyakan yang paling disukai.

Topik ini tidak mengulas okulasi karena pendapat dari beberapa penangkar, okulasi adalah cara yang relatif sulit karena menuntut kemampuan teknis yang lumayan tinggi alias agak njlimet kata orang Jawa (padahal sebenarnya tidak), serta pertumbuhan mata tunas yang relatif lebih lambat (bagi orang yang kurang sabar). Mengambil (kadang harus dengan cara mencongkel) mata tunas memang bukan hal mudah bagi pemula dan penghobi yang jarang bersentuhan dengan cara atau teknik ini. Jika proses okulasi mata tunas yang ditempelkan berhasil, dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk menumbuhkan mata tunas tersebut menjadi calon batang dan cabang. Oleh karena itu, dicari teknik baru yang relatif lebih sederhana dibanding okulasi di satu sisi dan di sisi lainnya, cara yang relatif lebih sederhana tersebut bisa menghasilkan bibit tanaman baru yang pertumbuhannya lebih cepat bongsor dibanding bibit hasil okulasi.

Sambung sisip sebenarnya bukan teknik baru karena cara ini sebenarnya hanya memodifikasi teknik sambung mata alias okulasi. Dikatakan modifikasi karena "step by step" hampir mirip dengan okulasi, namun jika pada teknik okulasi yang ditempelkan adalah mata tunas, maka pada sambung sisip yang ditempelkan adalah ranting muda. Jika pada teknik okulasi hanya menempelkan 1 mata tunas saja, maka pada sambung sisip dapat ditempelkan ranting muda dengan lebih dari 1 mata tunas, bisa 2 mata tunas sekaligus, bahkan lebih. Dengan demikian, jika mengandung lebih dari 1 mata tunas, maka titik percabangan rendah dapat direkayasa dari awal, sejak bibit tersebut dibuat, karena bibit dengan percabangan rendah atau percabangan yang langsung muncul di titik sambungan akan menghasilkan tanaman yang rendah namun kompak, rimbun, dan dengan tajuk yang membulat, satu model yang sangat ideal untuk para penghobi tanaman buah dalam pot maupun untuk penanaman di lahan. Jika penempelan ranting muda berhasil, pertumbuhan tunas dari ranting muda tersebut juga cenderung lebih cepat dibanding tunas yang muncul dari penempelan mata pada okulasi, dengan demikian hal ini menjadi solusi bagi mereka yang menginginkan pertumbuhan bibit yang lebih cepat bongsor.



Berikut adalah tahapan-tahapan dalam proses sambung sisip :
(contoh foto tutorial adalah sambung sisip pada tanaman klengkeng)






Siapkan batang bawah yang pertumbuhan tanamannya sehat, daun di bagian ujung tunas telah berkembang sempurna dan berwarna hijau tua. Itu tanda bahwa tanaman sedang berada dalam keadaan dorman, tidak terjadi aktifitas pembelahan sel yang intensif di bagian tunas-tunas ujung tanaman. Dalam kondisi seperti ini, kambium tanaman berada keadaan maksimum, lapisannya kambiumnya tebal, dan sangat ideal untuk proses pengelupasan kulit batang dan penyambungan serta penyatuan entres.

Pilih titik penyambungan, kira-kira 15 hingga 25cm di atas pangkal batang, iris kulit batang di titik penyambungan tersebut memanjang dari atas ke arah bawah, sepanjang 3-5cm, dengan lebar 7-10mm.






Potong melintang kulit batang pada bagian atas, lalu congkel menggunakan mata pisau, kemudian tarik kulit batang pelahan dengan hati-hati agar tidak putus atau robek. Potong "lidah" kulit batang tersebut dengan menyisakan kulit batang sepanjang 1cm di bagian bawah yang nantinya berfungsi sebagai dudukan atau penyangga entres yang akan ditempelkan ke batang bawah.

Beberapa kasus memperlihatkan bahwa kulit batang tidak dapat dikelupas dan lengket saat ditarik, ini adalah tanda bahwa lapisan kambium batang bawah berada dalam keadaan minimum dan sangat tipis. Batalkan penggunaan batang bawah tersebut dan suburkan kembali pertumbuhannya agar dapat digunakan kembali sebagai batang bawah setelah pertumbuhannya disuburkan beberapa waktu kemudian.



Siapkan entres yang diambil dari ranting bagian ujung dari pohon induk terpilih. Entres harus cukup muda dengan kulit berwarna hijau atau hijau keabuan. Potong semua daunnya dan sisakan tangkai daun sepanjang kurang lebih 5mm yang berfungsi untuk melindungi mata tunas di bagian ketiak tangkai daun saat plastik pengikat dililitkan ke titik sambungan.

Jangan gunakan entres yang kulitnya telah berwarna cokelat tua atau coklat keabuan karena daya regenerasi entres seperti telah menurun, sehingga kemampuannya untuk menumbuhkan tunas lebih rendah dibanding yang diambil dari tunas muda di bagian ujung.

Entres bisa dipilih mulai dari bagian pucuk hingga bagian bawah dengan 1-4 mata tunas, yang penting kulit entres masih berwarna hijau atau hijau keabuan.



Potong entres dengan 1-3 mata tunas, lalu iris miring sepanjang 2cm pada bagian pangkalnya dan usahakan agar pengirisan tersebut hanya dilakukan dengan prinsip "sekali iris langsung jadi". Pengirisan berkali-kali bisa membuat entres menjadi sangat pendek ukurannya sehingga sulit untuk ditempelkan, selain itu pengirisan berulang-ulang bisa menimbulkan resiko memar jaringan yang akhirnya memperkecil persentase keberhasilan penyambungan tersebut.



Letakkan entres yang telah disayat bagian pangkalnya, persis berhadapan dengan bidang sayatan kulit batang bawah yang telah disiapkan sebelumnya, lalu tempelkan dengan tepat sehingga terjadi pertemuan antara bidang iris entres dengan bidang sayatan kulit batang bawah . Umumnya, entres tidak akan jatuh karena terjepit oleh "lidah" kulit yang disisakan sebagai dudukan atau penyangga entres.




Jepit titik sambungan dengan ibu jari tangan agar entres tidak bergeser atau berubah posisinya. Pergerakan entres yang berulang-ulang akan mengurangi tingkat keberhasilan penyambungan karena bidang pertemuan entres dan batang bawah mengalami memar, khususnya di bagian jaringan kambium batang bawah.






Ikat bidang sambungan menggunakan irisan plastik PE (polyethilene) yang tipis namun sangat lentur dan kuat. Ikatan dimulai dari bawah, sekitar 5mm dibawah sambungan, melingkar sambil menarik plastik ke arah atas, menutup rapat seluruhnya hingga kira-kira 5mm di atas entres yang ditempelkan.



Keseluruhan bidang sambung dan entres telah tertutup rapat oleh lilitan plastik sehingga mengurangi infiltrasi air dari luar yang bisa membuat entres membusuk, sekaligus lilitan plastik tersebut membuat iklim mikro menjadi tetap lembab. Fungsi lain dari lilitan plastik ini adalah mengurangi laju penguapan air (evapotranspirasi) akibat metabolisme entres sehingga akhirnya entres tetap berada dalam kondisi segar.




Gunakan plastik PE (polietilen) yang tipis, sangat lentur, namun kuat sebagai pengikat. Plastik yang digunakan sebagai pengikat mempunyai ketebalan 0,02mm, berbentuk lembaran yang kemudian diris-iris menggunakan cutter, berukuran lebar 2-3cm dan panjang 10-15cm, disesuaikan dengan diameter batang bawah yang akan disambung sisip 




Bariskan dengan rapi semua bibit yang telah disambung sisip di tempat terbuka untuk memudahkan pemeliharaan selama proses sambung sisip berlangsung.








Empat minggu pasca penyambungan, plastik pengikat dapat dibuka seluruhnya. Jika entres tetap segar dan berwarna hijau atau kehijauan, berarti sambungan berhasil, namun jika entres menghitam dan mengering, hal tersebut adalah tanda bahwa proses penyambungan gagal. 

Jika sambungan berhasil, biarkan 2-4 hari, setelah itu potong setengah batang bawah setinggi 5-8cm di atas titik penyambungan. Setelah dipotong setengah, tekuk batang atas ke arah bawah untuk merangsang tunas agar tumbuh dengan cepat karena entres telah menyatu dengan batang bawah.






Tunas akan tumbuh dengan cepat pasca pemotongan batang utama (batang bawah) 5-8cm di atas titik sambungan. Penyinaran sinar matahari penuh akan merangsang laju pertumbuhan tunas menjadi batang baru dengan cabang, ranting dan daun baru yang sempurna.










Tunas akan tumbuh dan berkembang sempurna 10-12 minggu pasca penyambungan




klengkeng Diamond River "Jenderal" hasil perbanyakan sambung sisip


Berikut ini adalah tampilan beberapa bibit tanaman buah yang dibuat dengan menerapkan teknik sambung sisip, dengan tunas yang telah tumbuh dan berkembang sempurna




















SELAMAT MENCOBA dan PASTI BISA !!

72 comments:

nah ini dia,terima kasih ulasannya pak..

terima kasih kembali, semoga bermanfaat

matur tq gan.. q pengen bgt bisa nyambung tp gagal truss..smg stelah baca artikel ini bisa membantu..

mas Widiyanto, soal gagal nyambung adalah hal biasa dan itu hanya soal waktu saja. selamat mencoba dan pasti bisa

Tulisan MasGan di atas sangat membantu memajukan wawasan petani & hobiis tanaman buah di Indonesia.
Sangat jelas, krn disertakan foto2 detil per-langkahnya juga.

Ada satu hal yg bagi Saya masih menjadi pertanyaan.
Dalam hal waktu, sebaiknya sambung sisip dilakukan di kisaran jam berapa ya MasGan?

Apakah penempelan sisip pakai campuran obat perangsang atau tanpa obat? trims...

Sangat bermanfaat, terima kasih sudah menginspirasi saya

terima kasih share ilmunya Pak Wiwik
saya pemula penghobby tanaman buah, dirumah punya beberapa jenis lengkeng, ada kepikiran menggabungkan beberapa jenis lengkeng dalam 1 pohon......
pertanyaan saya apakah bisa hal tersebut diimplementasikan...?

mohon masukannya.....

SIP. buat referensi untuk berkebun di pekarangan rumah saya. Terimakasih banyak ulasanya..

This comment has been removed by a blog administrator.

sangat berguna, terima kasih

bisa dikirim Plastik PE dan berapa harganya boss,,,
di daerah Saya (Batam) susah cari Plastik jenis itu

terimakasih ulasannya saya sudah lama sekali mencari artikel ini ,sebab saya punya pohon mangga entah apa namanya ,yang pasti 1 buah brt s/d 1,7kg ,rasanya manis ,peloknya tipis sekali,anehnya pelok ditanam ga numbuh walaupun matang pohon ,akan saya kembangkan ,skali lagi terimakasih sangat brmanfaat

Kalau untuk batng bawah sebesar pergelangan tangan orang dewasa dan batang atas yg seperti gambar di atas gimana pak ? Apa harus dipotong datar dulu batang bawahnya, lalu diselipkan di kulit batang bawah atau seperti cara bpk ini ?

tangan sy koq jadi agak gatal liatnya, sy pengen yg buatnya dari tangan sy sendiri dan berhasil tapi selalu gagal padahal sdh ikut petunjuk para pakar, mau tanya pak apakah bisa batang induk durian kemudian kita okulasikan dgn jenis tanaman lain gen yg sama tapi bukan durian ? itulah yg membuat sy jadi penasaran. tims pak infonya

bagai mn cara pengambilan mata tempel yg baik dan benar

Terimaksi.....Sy mau coba dech....buat kelestarian dan Adiwiyata....siiip.
Lestari lingkunganku,,, lestari Indonesiaku,

saya mencoba masih sering gagal, bagaimana caranya biar tidak gagal ? apakah pisaunya harus tajam, apak harus lembab ataukah harus steril ?
Mohon pencerahannya Mas Ariel

Bang Ranu
Gunakan silet baru (dipatah menjadi 2 bagian yang masing-masing mempunyai bidang yang tajam) untuk menghasilkan bidang iris yang halus tanpa serat , sekaligus menghindari memar batang akibat penggunaan pisau yang lebih tebal. Jika batang bawah terlanjur membesar, gunakan pisau tipis yang tajam dan terbuat dari bahan stainless steel. Selalu bersihkan silet/pisau sehabis dipakai dengan cara dicelupkan ke dalam air bersih (atau larutan alkohol) dan langsung dikeringkan dengan lap kain bersih agar getah yang menempel hilang. Pisau dengan getah yang menempel akan membuat bidang sayatan menjadi tidak rata dan berserat sehingga mengurangi bidang sentuh antara entres dengan batang bawah yang akhirnya akan mengurangi tingkat penyatuan (kompatibilitas) saat penyambungan berlangsung

itu saya bacva dari
http://leira-fruit.blogspot.com/2012/07/tips-membuat-bibit-sambung-pucuk-cleft.html

Gunakan silet baru (dipatah menjadi 2 bagian yang masing-masing mempunyai bidang yang tajam) untuk menghasilkan bidang iris yang halus tanpa serat , sekaligus menghindari memar batang akibat penggunaan pisau yang lebih tebal. Jika batang bawah terlanjur membesar, gunakan pisau tipis yang tajam dan terbuat dari bahan stainless steel. Selalu bersihkan silet/pisau sehabis dipakai dengan cara dicelupkan ke dalam air bersih (atau larutan alkohol) dan langsung dikeringkan dengan lap kain bersih agar getah yang menempel hilang. Pisau dengan getah yang menempel akan membuat bidang sayatan menjadi tidak rata dan berserat sehingga mengurangi bidang sentuh antara entres dengan batang bawah yang akhirnya akan mengurangi tingkat penyatuan (kompatibilitas) saat penyambungan berlangsung

http://leira-fruit.blogspot.com/2012/07/tips-membuat-bibit-sambung-pucuk-cleft.html

dulu saya pernah coba sambung pucuk tapi agal, semoga yang sambung sisip bisa berhasil ya..

mantap Bos tulisannya....terima kasih

Saya punya pohon jambu biji yang dagingnya berwarna putih. Saya ingin menyambung sebagian cabangnya dengan tangkai dari jambu biji berwarna merah. Apakah hal itu memungkinkan. Jika mungkin, bagaimana caranya? Terima kasih.

seandainya cara ini saya terapkan pada pohon kakao yg sudah berusia 13 th berhasil tidak ya? atau barang kali ada cara tersendiri untuk pohon kakao.
terimakasih

berarti bisa dung pak kita tempel beberapa entris dengan beberapa varietas lain???
kan jadinya satu pohon beberapa jenis buah...

Ok sip boss saya paham dg sambung sisip..mulai tahun 2015 mau mengoleksi aneka buah dg ini akan saya mencoba sambung pucuk (tp cara ini udh biasa) :D yg belum coba dg cara okulasi ataupun sambung sisip.. Ayo go green dan lebihnya kita bisa bagi''kan ama org deket kita atau ok jg bisa dijual my phone 085859202007

Apa perlu pisaunya diseterilkan dengan alkohol ? Soalnya saya selalu gagal nyambung tanaman buah, kecuali adenium.

Ok banget mohon izin tuk mencoba

Terima kasih ulasannya gan, dan semoga saya berhasil mempraktikkannya.

Saya kemari nyoba okulasi tpi gagal apa karna batang atas yang saya potong tidak langsung saya tempel ,kira" baru 1jam tpi bkas potongan masih saya sayat lagi

mantab gan tekniknya.. boleh nih saya coba...

http://obatasliindonesia.com/obat-alami-radang-prostat-mujarab/

nich say lagi mau ngembangin jambu air. apakah batang bawah harus selalu dari pohon yang sama (jambu air dg jambu air). bisa tidk dari pohon jenis lain (agar lebih kokoh) ?

Untuk pangkal bawah, apa harus tepat pada mata tunasnya yg di tempel

Untuk pangkal bawah, apa harus tepat pada mata tunasnya yg di tempel

terima kasih sangat bermanfaat sekarang saya jadi jutawan berkat artikel bapak

bahagianya....orang yang melakukan terus berhasil...wow

Makasih mas, sangat bermanfaat :)

terimakasih banyak pengetahuannya. Apakah dapat dilakukan pada tanaman yang sudah berumur/tanaman dewasa?

This comment has been removed by the author.

Pak saya mw brtanya, apakh bibit sambung sisip umr 5 miggu udh bisa dilepas pengikat sambungannya pak,? Trus apkh bsa jambu air yg sudh berbuah dismbung sisip pak,? Trima ksih mohon penjlsannya pak,

terimakasih infonya.. artikel ini memberi info yang sangat menarik dan bermanfaat.
sebagai info tambahan, berikut adalah 10 jenis buah buahan yang paling bermanfaat bagi kesehatan manusia. Jika dikembangkan, petani juga bida dapat keuntungan lebih.

waktu mengupas kulit batang bawah, apakah sampai bagian kayunya kelihatan ataukah tdk? tq

Terimakasih banyak artikelnya tentang teknik menyambung, terimakasih..aanwijzing

bagaimana jika yang disambungkan tanaman jenis lain seperti Mangga dengan nangka, apakah bisa menggunakan cara sambung sisip?

thks gan tutorialnya, jelas banget. jazahumullahu khairon

SAYA IBU SRI HASTUTI DARI MEDAN,
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KI LANTORO DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KI LANTORO DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI LANTORO…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI LANTORO<=…
>>>082-310-352-761<<<

perlu latihan terus menerus sehingga keberhasilan akan tercapai. kunjungan balik gan http://ariskomputer.com

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Bermanfaat sekali.. Mudah2 an bisa memperbanyak srikoyo jumbo berwarna pink ku..

Luar biasa..hanya blm paham apakah tujuan dari sambung sisip utk membuat 1 tanaman berbagai macam buah..atau utk pempercepat pembuahan kak?T kasih salam sukses

Ulasanya menarik mudah di mengerti dan ga ribet. Matur nuwun pak.

Terimakaih informasi..utk pemula seperti saya...

Entresnya hijau, tapi buku nya hitam. Itu brhasil ga ya?

Sangat bermanfaat. Terimakasih

Jual plastik pe 02 nya gk?

Saya pernah coba sambung sisip pohon durian jumlah 22 yg berhasil cuma 16 .. Apakah percobaan saya sudah benar bos ... Saya jga coba pada jambu biji tp gagal smua

Pak kalo sambung sisip pohon utama tetap hidup apakah entres baru akan hidup juga ?

Mari Mampir ke blog saya deisyna-group.blogspot.com

Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

terima kasih sudah berbagi ilmunya, ilmu semakin dibagi semakin bertambah....

Ebobet merupakan situs slot online via deposit pulsa aman dan terpercaya, Dengan menggunakan Satu User ID bisa bermain semua game dari Bola, Live Casino, Slot online, tembak ikan, poker, domino dan masih banyak yang lain.

Sangat banyak bonus yang tersedia di ebobet di antaranya :
Bonus yang tersedia saat ini
Bonus new member Sportbook 100%
Bonus new member Slot 100%
Bonus new member Slot 50%
Bonus new member ALL Game 20%
Bonus Setiap hari 10%
Bonus Setiap kali 3%
Bonus mingguan Cashback 5%-10%
Bonus Mingguan Rollingan Live Casino 1%
Bonus bulanan sampai Ratusan Juta
Bonus Referral
Minimal deposit hanya 10ribu

EBOBET juga menyediakan berbagai layanan transaksi deposit dan withdraw Bank Lokal terlengkap Indonesia seperti Bank BCA - Bank BNI46 - Bank BRI - Bank Mandiri - Bank Danamon - Bank Cimb Niaga, OVO, Deposit via Ovo. Deposit via Dana, Deposit via Go Pay, Telkomsel dan XL.

Situs :EBOBET
WA : +855967598801

Artikelnya detail..mudah dimengerti..cocok buat newbie kaya ane🤭🤣🤣

Admiring the time and effort you put into your website and in depth information you present. It’s good to come across a blog every once in a while that isn’t the same old rehashed information. Wonderful read! I’ve bookmarked your site and I’m adding your RSS feeds to my Google account. 먹튀폴리스

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More