Selamat datang di Leira Buah Tropis...Berkebun Bersama Ariel...GO GREEN INDONESIA!!!

Thursday, 30 April 2009

Jambu Citra Jumbo (artikel kedua)






Untuk mendapatkan buah dengan ukuran maksimum dan dengan kualitas sebagaimana terlihat di foto di artikel ini, beberapa hal yang harus harus dilakukan :

1. Pemilihan bibit :
Bibit yang saya buat adalah bibit vegetatif atau bibit klonal yang dibuat dengan tujuan agar sifat baik dari tanaman induk 100% dapat diturunkan ke bibit yang dibuat, tanpa mengalami perubahan sifat sama sekali. Bibit klonal yang dianjurkan hanya terdiri dari : bibit cangkok, bibit stek tunas ujung, dan bibit sambung sisip berbatang bawah jambu mawar. Dari pengalaman, bibit hasil sambung sisip berbatang bawah jambu mawar adalah bibit jambu citra jumbo dengan kualitas terbaik, dilihat dari sisi pertumbuhan tanaman dan hubungan antara kualitas pertumbuhan tanaman dengan kemampuannya untuk berbunga dan berbuah. sistem perakaran jambu mawar sangat mendukung pertumbuhan batang atas (entres) jambu citra jumbo, sehingga entres bisa tumbuh cepat dengan vigor pertumbuhan yang sangat bagus. Tergantung tinggi tanamannya, bibit jambu citra jumbo dengan metode perbanyakan sambung sisip ini dijual dengan kisaran harga Rp 75.000 hingga 125.000 per batang.







Pohon Induk Jambu Citra Jumbo berumur 8 tahun di Yogyakarta



2. Tempat Tanam :
Bibit dapat ditanam di dalam pot sebagai tabulampot, maupun sebagai bahan tanam di lahan/tanah. Jika ditanam di dalam pot, gunakan pot dengan ukuran pot yang sesuai dengan ukuran bibit, tidak terlalu besar maupun tidak kekecilan untuk menunjang pertumbuhan akar yang baik dalam pot. Untuk bibit setinggi kurang dari 50 cm, gunakan pot berdiameter 30cm, bibit dengan tinggi antara 50 hingga 75 cm, gunakan pot 35cm, sementara bibit dengan tinggi lebih dari 75cm dapat ditanam di dalam pot berdiameter 40 hingga 50cm.

Jika hendak ditanam di lahan, hendaknya dipersiapkan lubang tanam yang baik, subur, dan mampu menyediakan pasokan hara dan air dalam jumlah cukup. Jika bibit berukuran kurang dari 100cm, buat lubang tanam berukuran 50x50x50 cm, sementara jika bibit yang hendak ditanam berukuran lebih tinggi lagi, maka lubang tanam dpat dibuat dengan ukuran 60x60x60 cm hingga ukuran 100x100x100m, tergantung kebutuhan tanaman dan ketersediaan lahan. Gali lubang tanam sesuai dengan ukuran yang dipilih, pisahkan 2/3 tanah bagian atas dan singkirkan 1/3 tanah bagian bawah dari lubang tanam yang dibuat. Campurkan 2/3 tanah bagian atas dengan 1/3 bagian pupuk kandang (komposisi 2 : 1) di mana volume pupuk kandang dimaksudkan untuk mengganti volume 1/3 tanah bagian bawah yang disingkirkan, sekaligus pupuk kandang tersebut berguna untuk memperbaiki struktur tanah sekaligus meningkatkan kesuburan dan kemampuan simpan airnya untuk perakaran tanaman yang nanti akan terbentuk di area lubang tanam.





3. Budidaya :
Berikan air secara teratur ke daerah sekitar perakaran tanaman jambu citra agar media tanam di sekitar perakaran tersebut tetap basah dan lembab (bukan menggenang). Kombinasi kelembaban tanah yang tinggi dengan perlakuan pupuk yang kontinyu (meliputi jenis pupuk yang digunakan, jumlah pupuk, waktu pemberian pupuk, serta cara pemberian pupuk), akan menghasilkan kualitas pertumbuhan jambu citra yang optimal. Setidaknya, berikan 200 gram NPK (15:15:15) setiap 2 bulan untuk tanaman berumur kurang dari 2 tahun, dan naikkan dosis pemupukan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman dari tahun ke tahun. Naikkan jumlah pupuk 30-40% lebih tinggi setiap kenaikan umur tanaman menjadi setahun lebih tua, tergantung pada tingkat kesuburan tanah setempat.

Pemangkasan adalah hal sangat penting dalam budidaya jambu citra, meliputi pangkas bentuk, pangkas produksi, dan pangkas pemeliharaan. Pengertian perihal ketiga jenis pemangkasan ini dapat dipelajari di artikel "Pemangkasan Tanaman Buah" di blog ini juga, sehingga tidak akan dibahas detail di sini. Intinya, lakukan pemangkasan secara teratur pada tanaman jambu citra agar kulitas pertumbuhan tanaman menjadi optimal dan pada akhirnya akan memberikan hasil panen yang optimal pula.

Pengendalian hama dan penyakit yang menyerang tanaman jambu citra hanya dilakukan saat serangan hama dan penyakit telah menimbulkan kerugian secara ekonomi, kurang dari batasan tersebut adalah bagian dari keseimbangan alam. Hama utama jambu citra adalah penggulung daun muda, kutu putih di daun, penggerek batang dan yang paling banyak adalah hama lalat buah yang bisa menyebabkan kerusakan buah mendekati 95%. Pembungkusan buah, meski kurang efisien karena menggunakan tenaga manusia, namun terbukti lebih baik dibanding penggunaan perangkat lalat buah jantan menggunakan methyl eugenol maupun perangkap berupa lem yang menjerat lalat. Pembungkusan buah secara detail, dapat dilihat di artikel lain di blog ini juga.

14 comments:

Kalau dibanding jambu mutiara karawangnya lebih bagusan mana pak?Termasuk kegenjahannya dalam berbuah.Makasih pak,infonya sangat berguna bagi "newbie" dalam bidang tabulampot

jambu mutiara karawang itu 'kan jambu biji (Psidium guajava), bukan jambu air. Kalao perihal bagus mana, saya kira sangat relative, bergantung kpd minat terhadap jenis buah yang diinginkan. Namun secara umum, kedua jenis jambu ini sangat bagus untuk di-tabulampot-kan

Hemm.. Nyam nyam nyam.. Maknyuz banget jambunya.
Pak Wik, cara dapetin bibitnya gmn? Dijual ngga, Pak? Mau dunk..

kalo buat teman, nggak usah beli bibitnya, lagi nyangkok bbrp batang, tapi belum ada yang jadi, masih dalam proses nunggu akar keluar

saya jadi pengen nih.... tapi sayang ga ada lahan kosong, yang ada mah lahan padat penduduk.....

mudah-mudahan masih ada dan enggak kena abu merapi

berapa harga buagh jambu citra jumbo saya tertarik memasarkanya di sejumlah supermarket di jambi kalau dari jawa ada transportasi kita yang mengankut buah sehingga buah citra jumbo masih bagus dan segar sampai di jambi selain itu kita cari buah jambu biji mutiara, kristal, jambu boll, pisang cafendish, pepaya california, belimbing dll hub/ sms ke 085268944744 an bp roy

Saya lagi senang bertanam,kalo boleh saya pingin bibit nya,klo berkenan saya sowan kerumah bapak beli bibit nya
Sekaligus jalan2 sama istri liat2 tanamane bpk
Dedy salatiga

Berapa harga bibitnya pak?

bagaimana sy bisa membeli bibitnya pak

Mantaf Ulasannya … semoga semakin sukses …
Ganti hawa panas dan lembab rumah Anda dengan ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, http://djonlineshopping.blogspot.com/

Mohon info bagaimana cara pemesanan bibit jambu citra jumbonya. berapa total harga + ongkir ke Bandung..? Terimakasih.

Saya punya pohon jambu citra yang sudah berukuran tinggi sekitar 3 meter. saya punya masalah, pada saat berbuah kedua, di dalam buah terdapat semacam kutu dengan ukuran sekitar 2-3 mm. Kutu tersebut bisa masuk ke dalam daging buah. Jika diliat dari kulit luar, kondisi kulit jambu mulus. Bagaimana cara membasminya secara organik? Jika kutu tersebut termakan, aman gak kira2?

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More