Selamat datang di Leira Buah Tropis...Berkebun Bersama Ariel...GO GREEN INDONESIA!!!

Saturday, 25 February 2012

Ragam Bibit Tanaman Buah Mangga (Mangifera indica)





Mangga adalah salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer dan dikonsumsi secara luas di seluruh belahan dunia. Tanaman yang asal-usulnya berasal dari India ini, tersebar dan ditanam oleh banyak orang, baik sebagai tanaman individual di halaman rumah maupun dikebunkan secara komersial dalam skala kecil maupun skala besar-besaran. Kualitas buah mangga umumnya ditentukan oleh : kemudahan dalam berbunga dan berbuah, jumlah buah per pohon dan refleksi jumlah buah per satuan luas (produktivitas), persentase daging buah yang dapat dimakan, tekstur daging buah (padat, lembut, berair), bertepung atau tidak, berserat atau tidak, dan tentu saja tingkat kemanisan daging buah.

Species mangga (Mangifera indica) juga dikenal memiliki beragam varietas yang layak untuk ditanam dan dikembangkan. Beragamnya varietas mangga tersebut, menyulitkan sebagian orang untuk mengindentifikasi varietas bibit mangga yang hendak mereka tanam, meski secara umum, morfologi bibit tanaman buah mangga adalah hampir sama. Beberapa varietas mangga menampilkan ciri morfologi yang sama, namun beberapa varietas mangga lainnya memiliki ciri morfologi yang berbeda, misalnya : daun muda berwarna hijau muda, hijau kekuningan, cokelat muda, cokelat tua, cokelat kemerahan, dan lain sebagainya. Persamaan atau perbedaan ciri morfologi ini yang dapat digunakan sebagai cara untuk membantu atau cara untuk memudahkan identifikasi varietas masing-masing.

Berikut adalah foto bibit dari beragam varietas mangga yang umumnya ditanam di Indonesia. Foto bibit yang ditampilkan terbatas pada mangga-mangga introduksi dari luar negeri, khususnya Thailand dan Australia dengan kualitas buah, khususnya rasa yang baik. Calon penanam akan lebih mudah mengidentifikasi varietas yang ingin ditanam dengan melihat penampakan morfologi bibit-bibit mangga tersebut.


Mangga Yuwen


Mangga Mundeunkao


Mangga Mundeunkao


Mangga Mahathir


Mangga Mahathir


Mangga Khiosawoei (Sirikit)


Mangga Khiosawoei (Sirikit)


Mangga Khioniyom


Mangga Khiojay Jumbo


Mangga Khiojay Jumbo


Mangga Irwin


Mangga Irwin


Mangga Irwin


Mangga Falan


Mangga Falan


Mangga Chokanan


Mangga Namdokmai #4


Mangga Namdokmai Mun


Mangga Cokbabun


Mangga Cokbabun

6 comments:

Pak wiwik, ada bibit mangga yuwen yg buahnya panjang..?

kalau yuwen, memang panjang pak, apa ada yuwen pendek ?
saya pribadi tidak tau persis jika mangga hasil crossing seperti yuwen mempunyai beberapa varian F1 yang di-release, seyogyanya memang hanya 1 varian F1 saja yang di-release, dan setahun saya yang ada di pasaran adalah yuwen lonjong

Yth Pak Wiwiek, seminggu yang lalu saya beli bibit mangga Thailand namanya BUN BANDAR. saya cari-cari informasi di internet ngga ada ulasan jenis mangga tersebut.. Mohon reviewnya Pak. Terima kasih.

Wow.. Mantaf kali Ulasannya … semoga semakin sukses …
Usir hawa panas dan lembab rumah Anda dengan konsep ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, direct order dengan menyebutkan tanaman pesanan anda, http://djonlineshopping.blogspot.com/

ada bibit mangga yuwen?harga sma ukuran??

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More